Tips Menghasilkan Photography Dan Video Dengan Efek Bokeh

Efek bokeh memang identik dengan fitur yang dimiliki pada kamera DSLR, namun saat ini efek bokeh tersebut bisa didapatkan menggunakan smartphone dual camera. Efek bokeh sendiri adalah teknik photography dan video https://fastwork.id/photography-video yang dapat membuat objek terfokus jernih tapi bagian lainnya akan terlihat bluring. Bukan hanya smartphone dual kamera, anda bisa juga mendapatkan efek bokeh menggunakan single kamera yang memiliki fitur tap to focus. Untuk anda yang ingin menghadirkan efek bokeh yang keren, berikut tips dan trik jitunya,

Tips Dan Trik Photography Dan Video Untuk Efek Bokeh
1. Mengatur Jarak Kamera Dengan Objek
Untuk mendapatkan efek bokeh pada kamera DSLR dan smartphone dual camera tentu bukanlah hal yang sulit, anda cukup mengatur fokus dengan tools yang ada ketika membidik gambar. Berbeda kalau kita menggunakan smartphone single camera, perlu angle yang tepat untuk bisa menghadirkan efek bokeh yang kece. Bila benda dekat, anda bisa langsung menitik fokuskan kamera ke benda tersebut dan bagian belakangnya akan bluring dengan sendirinya. Efek bokeh bisa menjadi lebih sulit ketika berada di jarak jauh. Jika kamera yang digunakan memiliki resolusi yang baik maka dengan jarak yang jauh tidak akan jadi masalah, anda bisa menggunakan teknik framing agar memperlihatkan efek bokeh.

2. Fokuskan Objek Utama
Hal yang terpenting dalam menghadirkan efek bokeh dalam photography dan video adalah, memfokuskan objek utama. Untuk kamera DSLR sudah pasti dilengkapi dengan autofokus yang handal sehingga mudah menghadirkan efek bokeh. Sama dengan smartphone dual camera, anda cukup tap on focus objek bidikan yang ada di layar kemudian atur efek bokeh yang akan diinginkan. Untuk smartphone single camera yang hanya mengandalkan kekuatan tap to focus tentu memiliki kesusahan. Efek bokeh yang didapatkan juga tidak akan seoptimal kedua perangkat tersebut karena tidak ada pengaturan bokeh.

3. Atur Kamera Setepat Mungkin Dengan Objek
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk menghadirkan efek bokeh perlu sudut atau angle bidikan yang tepat. Apabila bidikan kurang tepat, meski dengan kamera DSLR sekalipun, foto dan video akan terkesan amatiran. Mencari sudut dengan komposisi yang tepat, pencahayaan yang mendukung serta pemandangan yang menarik, tentu sangat sulit bagi para pemula karena hal ini tergantung dengan feeling masing-masing. Pemilihan sudut itu juga memengaruhi pengaturan bidikan ketika ingin menghadirkan efek bokeh yang keren. Yang pasti buat kamera setepat mungkin agar fokus kamera lebih jernih ke titik yang menjadi objek kamera.

4. Pencahayaan Harus Tepat
Photography dan video yang baik, tentu tidak akan melewatkan hal terpenting yaitu pencahayaan. Meskipun sekarang ini banyak kamera yang memiliki kemampuan mengatasi ketidaksempurnaan cahaya pada foto, tetapi jika anda ingin menghadirkan bokeh, cahaya menjadi hal yang harus diperhatikan. Tanpa adanya cahaya, objek yang menjadi ruang tajam dan ruang dalam atau sempit tidak akan terdeteksi. Ditambah lagi kalau menggunakan single camera pada smartphone, pasti tidak akan bisa mendapatkan efek bokeh di tempat minim cahaya.

Itulah beberapa tips dan trik untuk mendapatkan efek bokeh pada photography dan video yang bisa anda praktekan. Kesimpulannya, untuk menghadirkan efek bokeh perlu adanya pencahayaan yang tepat serta fokus yang baik dari kamera. Bagi para pemula mungkin akan lebih dimudahkan untuk menggunakan kamera DSLR atau smartphone dual camera. Jika tidak mempunyai keduanya, anda juga bisa menggunakan single camera, gunakan tips dan trik di atas untuk mendapatkan efek bokeh.

Related Posts: